Happy Chinese New Year 2017

Insan Teratai
Januari 24, 2017
 Views

Menurut penanggalan tionghua, tahun baru Imlek 2568 menandai dimulainya tahun ayam. Kalender tionghua adalah penanggalan yang menggunakan baik perputaran matahari dan perputaran bulan (lunisolar). Bila dihitung berdasarkan kalender masehi, tahun baru imlek selalu jatuh di antara bulan Januari dan Februari. Tahun ini perayaan tahun baru Imlek jatuh pada pada hari Sabtu, 28 Januari 2017.

Tahun baru Imlek biasanya dirayakan dengan makan malam bersama dengan keluarga, aktivitas membersihkan rumah untuk menyapu bersih “kemalangan” tahun lalu dan menyambut “nasib baik” di tahun yang baru. Selain itu perayaan Imlek tidak lepas dengan pemberian angpao atau amplop merah. Angpao biasanya diberikan oleh yang sudah menikah kepada yang masih belum menikah.

Di Indonesia, tahun baru Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keppres No 19/2002 dan mulai dirayakan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2003. Selain di Indonesia, tahun baru Imlek juga merupakan hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapura, Tiongkok, Thailand dan Vietnam.

Imlek itu sendiri sebenarnya merupakan perayaan khusus yang dilakukan oleh para petani yang ada di negara Cina biasanya jatuh pada tanggal 1 di bulan Januari tetapi untuk di Indonesia biasanya tidak jatuh atau tepat pada tanggal 1 Januari namun lebih kepada awal tahun yaitu pada bulan Januari ataupun Februari. Di beberapa negara tertentu seperti Malaysia libur Tahun Baru Imlek memang cukup lama akan menyamai dengan Libur hari raya Idul Fitri. Tetapi di Indonesia memang hanya sebentar saja, bagi anda orang Chinese mungkin mengetahui tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan menjelang dan saat hari raya Imlek tetapi bagi Anda yang mungkin kurang begitu mengenali tradisi ini berikut akan di informasikan mengenai beberapa tradisi penting yang wajib dilakukan saat Imlek tiba.

• Membersihkan area rumah sebelum Imlek
Meskipun membersihkan rumah adalah kegiatan sehari-hari dan sifatnya biasa, tetapi untuk hari raya Imlek menjadi sangat wajib dilakukan, tujuan utamanya adalah agar bisa mendatangkan keberuntungan dan menyingkirkan hal-hal yang dapat menimbulkan ketidak baikan di dalam rumah. Uniknya saat hari pertama perayaan Imlek proses bersih-bersih rumah ini justru dilarang, sebab mereka percaya pada hari pertama Tahun Baru Imlek semua keberuntungan berada di rumah mereka sehingga jika pemilik rumah tersebut menyapu ataupun membersihkan rumah dianggap mengusir keberuntungan tersebut.

• Menggunakan warna merah
Sudah menjadi tradisi yang sepertinya lebih familiar bahwa pada saat hari raya Imlek semua rumah baik interior maupun exterior bahkan orang-orang Chinese menggunakan baju berwarna merah. Karena warna merah dianggap membawa keberuntungan dan mampu mengusir Hawa jahat yang dapat mencelakakan mereka.

• Angpao
Hampir sama ketika hari raya Idul Fitri saat terjadi Tahun Baru Imlek Orang Chinese akan memberikan uang saku yang disebut dengan Angpao kepada anak-anak kecil namun bagi mereka yang sudah berusia dewasa tetapi belum juga menikah atau memiliki pasangan hidup dianggap belum wajib memberikan Angpao sementara itu untuk mereka yang sudah menikah maka hukumnya wajib memberikan Angpao meskipun usianya masih muda.

• Kembang api
Merayakan kebahagiaan tahun baru ini tidak lengkap rasanya jika tidak disertai dengan kemeriahan kembang api ataupun petasan, orang Chinese menganggap bahwa suara yang cukup gaduh yang berasal dari kembang api maupun petasan ini dapat mengusir makhluk jahat.

new-imlek