KELAS PROYEK; TEMA “DIRI SENDIRI”

Insan Teratai
Desember 5, 2012
 Views

Mengajarkan kemandirian pada anak sejak dini adalah sesuai yang harus kita biasakan sehingga anak sudah terbiasa melakukan kebiasaan-kebiasaan baik sejak masih kecil.

Saat ini Sekolah Insan Teratai baru sampai jenjang kelas 1 SD. Pada kelas proyek anak-anak yang terlibat hanya TK B dan kelas 1. Dengan ketersediaan yang ada jumlah kelas proyek kami sesuai dengan jumlah guru yang ada. Karena untuk setiap kelas dibutuhkan 2 guru agar kelas berjalan dengan baik.

Dalam kelas proyek tema “Diri Sendiri” pembelajaran kami hanya bagi ke dalam 4 kelas yaitu:

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Ilmu Pengetahuan Alam
  4. Seni Budaya dan Keterampilan

Dalam setiap kelas anak-anak diajak untuk mengerjakan hal berbeda dengan tetap mengarahkan anak-anak untuk memahami apa yang mereka bisa pelajari dari tema “Diri Sendiri”

Pembelajaran di masing-masing kelas adalah:

Di kelas ini, anak-anak belajar berhitung dengan sikat gigi berdasarkan warna. Di sisi lain lain mereka juga untuk belajar untuk membiasakan diri menjaga kebersihan gigi dan berterima kasih kepada gigi mereka telah membantu mereka setiap hari.

Di kelas ini, anak-anak naik ke atas sebuah panggung kecil dan memperkenalkan diri mereka. Belajar untuk menulis nama mereka. Hal ini untuk melatih keberanian dan membiasakan anak untuk mengucapkan salam dan memperkenalkan diri tanpa malu-malu dan menghargai dan menyayangi diri mereka sendiri.

Di kelas ini, anak-anak belajar tentang anggota tubuh dan kegunaannya. Di kelas ini mereka belajar untuk menjaga anggota tubuh mereka dengan baik.

Di kelas ini, anak-anak membuat kolase tentang gigi dan mewarnainya. Belajar kebiasaan baik agar menggosok gigi setiap hari.